Pilkada 2024 : Bawaslu Bandar Lampung Gelar Sosialisasi Pengawasan Bagi Perempuan

Oktober 12, 2024 | [post-views]
Screenshot_2024_1012_105634

Bandar Lampung (Biinar.co) – Dalam rangka memperkuat peran perempuan dalam pengawasan partisipatif serta mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang berintegritas, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandar Lampung menyelenggarakan sosialisasi bertema “Perempuan Berdaya, Pilkada Berintegritas” pada tanggal 12 Oktober 2024 di Hotel Horison Lampung.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya perempuan, dalam partisipasi aktif mengawal proses Pilkada yang bersih, jujur, dan adil. Dengan melibatkan perempuan sebagai pengawas partisipatif, diharapkan dapat mendorong keterlibatan yang lebih luas dari berbagai kalangan dalam menjaga integritas Pilkada.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung, Bapak Apriliwanda, S. H, menegaskan pentingnya peran perempuan dalam menciptakan Pilkada yang transparan dan akuntabel. “Perempuan memiliki peran strategis, baik sebagai pemilih maupun pengawas. Melalui pengawasan partisipatif, kita dapat memastikan bahwa Pilkada berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi,” ujar beliau.

Selain sosialisasi mengenai pengawasan partisipatif, acara ini juga menghadirkan beberapa narasumber, antara lain:

1. Selly Fitriani, Aktivis Perempuan dan Demokrasi, yang membahas peran strategis perempuan dalam politik dan pengawasan pemilu.

2. Siti Khoiriah,M.H, Salah satu tokoh di penyelenggaraan, yang memaparkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga proses Pilkada yang berintegritas.

Acara ini dihadiri 28 Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Pemudan dan juga diisi dengan sesi diskusi interaktif dan tanya jawab, di mana para peserta dapat berbagi pengalaman serta pandangan mereka tentang pengawasan partisipatif.

Sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan kesadaran perempuan Lampung untuk berperan aktif dalam pengawasan Pilkada 2024, serta memperkuat demokrasi di tingkat lokal maupun nasional. (Pin)

Posted in
Tags in